Cara Mengisi Pulsa Listrik PLN

Cara Mengisi Pulsa Listrik - Para pelanggan PLN selama ini kebanyakan menggunakan layanan listrik pascabayar, dimana para pelanggan memakai listrik terlebih dahulu dan kemudian baru membayar berapa energi listrik yang telah dipakai. Setiap bulan ada petugas dari PLN yang melakukan pencatatan dan menghitung jumlah meter pelanggan, Serta PLN juga melakukan penagihan jika ada pelanggannya yang telat dalam melakukan pembayaran.

Saat ini ada sistem baru di PLN yang disebut dengan listrik pintar atau prabayar. Sistem ini pelanggan PLN harus membeli daya listrik atau pulsa listrik dahulu melalui para penjual. Kemudian mengisikan nomor unik yang diperoleh di penjual kedalam Meter Prabayar atau MPB yang terpasang ditempat pelanggan melalui sistem ‘token’ (pulsa).

Pada MPB atau meter prabayar terdapat sebuah layar yang memuat info mengenai berapa jumlah energi listrik (kWh) yang masih bisa dipakai atau dimiliki pelanggan. Persediaan kWh ini bisa ditambah kapan pun dan berapa pun tergantung kebutuhan serta kemampuan masing-msaing pelanggan. Karena melakukan pengisian daya sendiri pelanggan bisa dengan mudah melakukan penghematan pemakaian energi listrik. PLN juga dimudahkan karena tidak perlu ada pencatat meter yang dilakukan tiap bulan.
Cara Mengisi Pulsa Listrik
image from www.pln.co.id
Karena listrik prabayar yang masih bisa di bilang baru mungkin masih ada sebagian orang yang bingung atau lupa cara mengisi token listrik ke MPB. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara isi pulsa listrik di meteran(meter prabayar). Pada kesempatan ini kami akan mencoba memberikan petunjuk sederhana cara mengisi pulsa listrik ini.

Cara Mengisi Pulsa Listrik PLN

1. Langakah pertama tentunya anda harus membeli pulsa token listrik terlebih dahulu. Anda bisa membelinya di kantor pos, penjual pulsa, indomaret, alfamart, bank atau loket penjualan voucher listrik yang lain sambil membawa kartu identitas pengguna listrik prabayar milik anda, kemudian anda akan memperoleh 20 angka kode di struk pembelian token tadi. Jika anda bingung anda bisa bertanya kepada penjual mana kode token anda.

2. Kemudian masukkanlah 20 angka kode token tadi ke Meteran Listrik anda, Dengan cara mengetik menggunakan nomor yang ada di meteran, Setelah semua nomor masuk dan tertulis di layar MPB tekanlah tombol “ENTER” (⏎).

3. Jika sewaktu mengetik kode token anda melakukan salah pengetikan anda bisa menghapus dengan memakai tombol “Backspace” (←) untuk menghapus.

4. Jika kode yang anda masukkan benar maka akan muncul tulisan “ACCEPT” dilayar monitor MPB anda setelah anda menekan tombol “ENTER” (⏎), kemudian layar meter menunjukkan berapa nilai kwh sesuai yang anda beli dan daya anda akan bertambah.

5. Jika pada layar muncul tulisan “REJECT” setelah anda menekan tombol  “ENTER” (⏎) berarti kode token listrik yang anda masukan salah. Ulangi lagi dari awal dan cek benar atau tidak nomor token anda.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mengisi pulsa listrik semoga bermanfaat bagi semua.[]